Kategori
Recreation Camps

Kawasan Wisata Eks Camp Vietnam Aman Dari Covid-19

Kawasan Wisata Eks Camp Vietnam Aman Dari Covid-19

Kawasan Wisata Eks Camp Vietnam Aman Dari Covid-19 – Badan Pengusahaan (BP) Batam menjamin kawasan wisata Eks Kamp Vietnam di Galang, aman dari Covid-19. Sekitar tahun 1980, ratusan ribu warga Vietnam selatan mengungsi ke negara lain pasca-perang saudara yang terjadi di sana.

Warga Vietnam menaiki perahu dan selama beberapa waktu terombang-ambing di Laut China Selatan tanpa tujuan jelas. Mereka pun mendapat julukan sebagai manusia perahu.

Lokasi bekas kamp pengungsi tersebut berjarak satu kilometer dari Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang serta dibatasi oleh pagar dijaga oleh aparat keamanan dari tentara dan polisi.

Asisten Pemasaran dan Pengembangan Usaha Hunian, Gedung, Agribisnis dan Taman BP Batam, Al-Azahari, mengatakan, RSKI Galang.

Memang berada dalam satu pengalokasian lahan (PL) dengan Eks Camp Vietnam yang luasnya mencapai 700 hektar. “Tapi lokasinya tidak berada di dalam situs sejarahnya yang selama ini dikunjungi oleh masyarakat serta wisatawan,” katanya, Senin.

Lokasi antara Eks Camp Vietnam dengan RSKI Galang cukup jauh yaitu dua kilometer. Hal itu dilakukan agar tidak menganggu keamanan dan kenyamanan para pengunjung yang datang ke situs kemanusiaan tersebut.

“Jadi kami tegaskan masuk ke kwasan wisata Eks camp Vietnam tidak ada kaitannya dengan rumah sakit Covid,” tuturnya.

Ia juga menyatakan, RSKI Galang dijaga ketat oleh personel gabungan TNI serta Polri. Dan pintu masuknya juga tidak melalui area Eks Camp Vietnam.

“Artinya baik pengunjung maupun petugas yang bertugas di RSKI Galang, kecuali petugas yang patroli,” tuturnya.

Karena lanjutnya ada alur sumber air yang melintasi di sekitar kawasan wisata Eks Camp Vietnam menuju RSKI Galang dengan menggunakan pipa.

“Jadi kita jamin aman,” tuturnya. Pihaknya juga telah menerapkan protokol kesehatan di kawasan wisata Eks Camp Vietnam.

“Kita sudah menyiapkan spanduk wajib masker, lokasi untuk mencuci tangan. Hand sanitizer serta pemeriksaan suhu untuk pengunjung dengan menggunakan thermo gun,” jelasnya.

Taman Rusa

Ia menjelaskan, sebelum pandemi Covid-19 pengunjung bisa mencapai seribuan orang. Namun sejak Maret hingga Juni 2020 hanya sedikit pengunjung yang datang ke Eks Camp Vietnam.

“Sekarang itu bisa dihitung dengan jari orang yang berkunjung ke sini,” jelasnya. Padahal di dalam area Eks Camp Vietnam juga terdapat taman rusa yang bisa menjadi salah satu tempat untuk bersantai.

“Sekali lagi kami sampaikan kawasan wisata Eks Camp Vietnam aman dari Covid-19,” tegasnya.