Kategori
Tempat Wisata

Destinasi Wisata Menarik di Taranaki – Selandia Baru

Destinasi Wisata Menarik di Taranaki – Selandia Baru

Destinasi Wisata Menarik di Taranaki – Selandia Baru, – Selandia Baru atau dikenal sebagai New Zealand adalah sebuah negara maju penuh dengan keindahan alam yang natural.

Selandia baru merupakan negara kepulauan yang berada di barat daya Samudera Pasifik dengan ibu kota negara Wellington.

Luas dari negara ini hampir sama dengan luas negara Jepang atau Britania Raya. Dan mempunyai populasi penduduk sekitar 4 juta orang sehingga tidak terlalu ramai. Negara New Zealand menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang sangat mengagumkan untuk dikunjungi.

Taranaki merupakan kawasan yang berada di pesisir barat Pulau Utara Selandia Baru. Memerlukan waktu sekitar lima jam dengan berkendara menuju ke arah selatan dari Auckland.

Wilayah ini diberi nama “Taranaki” sebab didasarkan dari terdapatnya gunung vulkanik raksasa yang menghiasi sebagian besar pemandangan alam dan terkenal akan keindahan lanskapnya yang spektakuler.

Berdampingan dengan letaknya Gunung Taranaki, Taranaki sendiri sering mendapat julukan daerah yang berada di antara jalur hiking tak berujung. Selain itu, ombak selancar alami dan ski kelas dunia mampu menciptakan sisi lain pesona bentang alam yang tersuguhkan dengan sempurna. Sehingga hal tersebut mampu menjadikan kawasan yang satu ini menjadi bucket list wajib ketika berada di Selandia Baru.

Len Lye Centre dan Galeri Seni Govett-Brewster

Di urutan pertama, menarik perhatian dan saling bersebelahan terdapat Len Lye Centre dan Galeri Seni Govett-Brewster. Bangunan unik dan keren ini diberi nama “Len Lye” sebagai bentuk penghormatan terhadap beliau sebagai seorang pematung kinetik yang ahli, beraliran bebas, dan pembuat film eksperimental.

Karya seni ciptaan Len Lye yang terdapat di dalamnya kini tertanam secara mendalam dalam identitas Taranaki. Len Lye Centre dan Galeri Seni Govett-Brewster terbuka untuk umum. Dari hari Senin hingga Minggu dengan jam operasional mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore.

Wind Wand

Setelah puas berkunjung dan melihat seluruh karya seni Len Lye, dari Len Lye Centre dan Galeri Seni Govett-Brewster dengan hanya berjalan kaki mengikuti alur pejalan kaki maka akan terlihat dengan gagah serta uniknya Wind Wand atau Tongkat Angin. Benda menarik ini tepatnya berada di Kota New Plymouth sebagai kota utama Taranaki Selandia Baru.

Wind Wand atau Tongkat Angin sendiri ialah sebuah patung kinetik setinggi 157 kaki yang bergerak mengikuti cuaca dan angin. Selain dapat melihat keunikan Wind Wand, para wisatawan juga dapat merasakan deburan angin dan pemandangan bebas tepi pantai yang juga bersebelahan dengan peradaban modern kota di tempat ini lho!

Taman Nasional Egmont

Destinasi inti dari seluruh wisata kawasan di Taranaki ialah Gunung Taranaki. Sebenarnya gunung raksasa ini merupakan gunung berapi besar yang masih aktif hingga sekarang dan tercatat terakhir meletus pada tahun 1775. Gunung Taranaki juga merupakan gunung yang kerap kali menjadi tujuan utama bagi para pendaki di sekitaran wilayah Selandia Baru.

Untuk menuju ke sana para wisatawan disarankan mengikuti Jalan Surf Highway 45 menuju Taman Nasional Egmont. Dan di sanalah dapat terlihat dengan jelas keindahan sekaligus kemegahan puncak Gunung Taranaki dari jarak yang cukup dekat.

Selain menyuguhkan bentang alam Gunung Taranaki, Taman Nasional Egmont juga menawarkan keindahan lainnya berupa hijau serta sejuknya air terjun, hutan hujan hingga rawa berlumut. Tidak heran apabila taman nasional yang satu ini memiliki biodiversitas yang tinggi sebab usia dari Taman Nasional Egmont sendiri sudah hampir ratusan tahun lamanya.

Di sini juga para wisatawan kerap kali melakukan aktivitas ski di lereng bagian timur dari gunung.