Kategori
Recreation Camps

Camping is The Best

Camping is The Best

Camping is The Best, – Menikmati alam bebas sambil bermalam di bawah taburan bintang adalah momen yang sangat langka. Jika tidak sedang liburan, mana bisa santai sambil camping.

Dikutip dari laman Agen IDN Poker, Nah, sebelum berangkat camping, coba cek dulu perlengkapan yang harus dibawa. Jangan sampai liburan di alam bebasmu terganggu karena peralatan yang tidak lengkap, ya.

Camping di Alam Bebas Bisa Membuat Kita Lebih Mencintai Alam

Aktivitas berkemah atau yang dikenal dengan camping adalah salah satu cara berlibur yang unik, karena kita bisa merasakan kedekatan dengan alam. Selain itu camping juga bisa menjadi cara untuk menantang diri sendiri dan mendapatkan ketenangan di alam.

Camping bisa dilakukan seorang diri atau bersama teman dan keluarga. Tentunya masing-masing memiliki keistimewaan sendiri, tapi keduanya pastinya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Di samping camping, kamu juga bisa mengisi aktivitas di alam sembari melakukan aktivitas lain, misalnya hiking, memancing, bersepeda dan masih banyak lagi.

Aktivitas camping ini juga pastinya akan membantu kamu menjernihkan pikiran, terutama jika sehari-hari kamu lebih banyak berkutat di dalam ruangan dan di kota besar yang jauh dari kesejukan alam.

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Camping
Tentukan Lokasi

Ini tentunya adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum mulai berkemah. Karena lokasi camping akan menentukan segala hal yang harus kamu persiapkan dan bawa.

Ada beberapa lokasi yang dekat sumber air bersih atau bahkan menyediakan toilet, seperti di bumi perkemahan, sementara ada juga tempat yang sama sekali tak punya akses pada toilet, seperti di tengah hutan atau di atas gunung. Karena itu kamu mesti mempersiapkan semuanya dengan baik.

Lokasi juga menentukan keamananmu. Misalnya saja apakah lokasi tempatmu berkemah nanti cuacanya baik, tidak ada binatang buas, dekat dengan pemukiman warga, atau hal lainnya yang mesti dipikirkan dulu sebelum mulai berkemah.

Mau Camping dengan Siapa?

Memang kegiatan berkemah cukup mengintimidasi terutama untuk orang-orang yang tak terbiasa dengan aktivitas di alam atau luar ruangan.

Tapi jangan salah, karena jika kamu mempersiapkannya dengan baik berkemah tak terlalu rumit. Bahkan kamu bisa mengajak keluarga atau teman-temanmu untuk berkemah.

Berkemah jelas memiliki banyak manfaat positif jika dilakukan beramai-ramai, misalnya semakin mendekatkan keluarga, mengenal lebih baik kepribadian seseorang, belajar mempercayai sahabat atau keluarga, dan pastinya belajar kesabaran dan kemandirian.

Jika ini adalah pengalaman pertamamu berkemah, ada baiknya kamu mengajak satu atau dua orang lain lagi untuk camping. Bahkan akan lebih baik lagi jika kamu pergi bersama orang yang sudah punya pengalaman camping.

Berapa Lama akan Camping?

Lagi-lagi hal penting yang akan mempengaruhi jumlah perbekalan dan barang bawaan kita. Jadi kamu juga harus sudah memutuskan akan berapa lama menginap di alam bebas.

Karena durasi camping sangat berpengaruh pada jumlah makanan, air bersih, dan peralatan lainnya yang harus dibawa.

Jika kamu camping hanya untuk satu atau dua malam juga pastikan kamu tidak membawa barang terlalu banyak, karena hanya akan merepotkan dan membuang-buang tenaga saja. Jadi semuanya harus sudah diperhitungkan terlebih dulu.

Perbekalan yang Perlu Dibawa

Barang bawaan berkemah biasanya dibagi ke dalam dua kategori, peralatan berkemah dan perbekalan. Keduanya penting untuk disiapkan.

Perbekalan berkemah terdiri atas makanan, obat-obatan, dan peralatan kesehatan lainnya. Nah, perbekalan ini harus benda-benar dipikirkan dan bergantung pada lokasi di mana kamu akan camping.

Misalnya jika kamu hendak camping di puncak gunung atau di lereng gunung, kamu harus menyiapkan makanan dengan jumlah kalori yang tepat untuk aktivitas mendaki. Kira-kira setiap orang membutuhkan makanan sebesar 5.000 kalori.

Selama berkemah juga kamu harus pintar dalam memilih bahan makanan yang kamu bawa. Beras misalnya, jika dimasak akan memakan waktu yang lama, jadi lebih mudah jika kamu membawa makanan yang praktis seperti roti atau mixfood yang terdiri dari kacang, cokelat, biskuit, dan kismis.

Perhitungkan juga berat tiap bekal yang kamu bawa, jangan sampai ranselmu hanya penuh dengan makanan dan tidak ada tempat untuk peralatan kemah yang juga sama pentingnya.

Persiapkan Peralatan

Berkemah membutuhkan peralatan-peralatan khusus yang harus disiapkan guna menjaga keamananmu selama di alam bebas.

Tentunya kamu wajib membawa tenda, alat navigasi, alat kebersihan, obat-obatan, pakaian hangat, dan benda lainnya yang bisa membantumu selama di alam bebas.