Kategori
Regional

Lama Belum Memiliki Keturunan? Teknik Bayi Tabung Bisa Jadi Solusi

Lama Belum Memiliki Keturunan? Teknik Bayi Tabung Bisa Jadi Solusi

Lama Belum Memiliki Keturunan? Teknik Bayi Tabung Bisa Jadi Solusi – Ketidaksuburan bisa menjadi pemicu ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Menurut keterangan dr Anom Suardika dari Klinik Bayi Tabung Graha Tunjung Sanglah, kondisi ini bisa tersebabkan karena infertilitas, yakni kondisi yang mana pasangan yang melakukan hubungan seksual secara harmonis selama setahun tanpa perlindungan kontrasepsi, tidak berhasil mewujudkan kehamilan.

Terlansirkan dari http://162.241.119.31/ .“Kalau kita lihat dari 200 juta penduduk kita (Indonesia). Sekitar, tergantung umur ya, 15 sampai 30 persen mengkatakan angka infertilitas terjadi pada pasangan subur,” jelasnya melalui channel Youtube Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Sanglah, pada Kamis (15/10/2020).

Klinik Bayi Tabung Graha Tunjung Sanglah yang telah berdiri sejak tahun 2001 ini adalah pionir dari tujuh klinik bayi tabung yang ada pada Indonesia.

1. Akan melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap pasangan

Anom mengungkapkan bahwa setelah melakukan evaluasi terhadap pasangan yang memeriksakan d’iri, maka tim dokter akan menentukan masalahnya. Apabila masalahnya sederhana, misalnya sperma dalam kondisi baik namun pada jadwal pertemuan sperma dan sel telur tidak dalam masa subur, atau masalah tidak adanya ovulasi pada masa subur, ini memerlukan bantuan yang sederhana dengan melakukan induksi ovulasi. Kemudian terbuatkan jadwal berhubungan dengan waktu yang tepat.

“Setelah kami tahu baik masalah pada pria, maupun masalah pada wanita. Nah, setelah itu baru kami akan cocokkan dengan program yang akan kami tawarkan untuk membantu kehamilan ini,” jelasnya.

Jika pada seorang wanita kondisi saluran telurnya baik dan ada gangguan ovulasi atau masa subur sedikit, tetapi jika pada pihak pria memiliki masalah gangguan sperma ringan, akan menawarkan  inseminasi.

2. Ada beberapa penyebab ketidakhamilan

Anom menjelaskan terkait penyebab ketidakhamilan, maka ada dua pihak yang harus terevaluasi yakni laki-laki atau perempuan.

Pada pihak laki-laki, hal utama yang terlihat adalah hasil spermanya. Jika ada masalah, nantinya akan tertangani oleh Tim Andrologi. Apabila masalah tersebut memerlukan operasi, maka akan terbantu oleh Tim Bedah Urologi.

Sementara itu penyebab ketidaksuburan pada wanita, sesungguhnya ada tiga prinsip yakni faktor kandungan, saluran telur, dan otak.

“Kalau kita lihat angka memang, penyebab pihak pria dulunya 35 persen tapi dengan kondisi zaman sekarang semakin tinggi 40 persen penyebab ketidaksuburan adalah pria,” jelasnya.

“Nah, kalau wanita penyebabnya sekarang adalah sekitar 50 persen. Nah ada memang penyebab yang namanya announ infertile. Setelah kami lihat pria wanita ya secara kedokteran kami tidak menemukan masalah. Tapi ternyata setelah lama menikah, happy life hamil ia,”

3. Ada beberapa syarat untuk mengikuti program bayi tabung

Anom menjelaskan beberapa pihak yang memungkinkan untuk mengikuti program kehamilan dengan menggunakan bayi tabung pada antaranya:

  • Sperma laki-laki tidak mencukupi (sedikit) dan saluran telur pihak perempuan buntu
  • Ada penyakit-penyakit kronis yang tidak memungkinkan hamil alami maupun dengan inseminasi. Misalnya endometrosis, sindrom dan Poly Cystic Ovarian Syndrome (PCOS)
  • Pasangan announcement infertile
  • Pasangan yang berumur

“Karena kita juga warga Indonesia, jadi syaratnya satu suami istri yang sah, oleh karena itu nanti meminta harus menunjukkan akta ya. Nah, kemudian kami harapkan umur ke bawah 40 (tahun). Kalau memang tidak, ya kita d’iskusikan asal kita siap tentunya,” ungkapnya.

Terkait biaya, untuk inseminasi, kisaran harganya ke bawah Rp10 juta, bayi tabung kisaran Rp43 juta. Angka keberhasilan pada klinik ini, menurut Anom, sama rata dengan pada Indonesia yakni antara 30 sampai 40 persen.